Desa Pandanwangi Soko, Sentra Kerajinan Tangan dari Bambu

Desa Pandanwangi Soko, Sentra Kerajinan Tangan dari Bambu

Geliat industri di Desa Pandanwangi Kec. Soko Kab. Tuban menjadi sentra kerajinan sangkar burung di Kecamatan Soko. Hal tersebut nampak pada banyaknya jumlah pengerajin mencapai ratusan lebih yang tersebar pada satu desa Tersebut.

“Kreatifitas warga Desa Pandanwangi bagus, berbahan limbah kayu jati dapat dijadikan produk bernilai ekonomi cukup tinggi,” Selain itu juga pandanwangi memproduksi Dingklik (Tempat Duduk) Panjang yang keseluruhan bahannya di buat dari bambung. Produk Dingklik ini sudah tersebar di seluruh wilayah di indonesia karena kwalitas dan nilai fungsinya yang sangat ekonomis, Produk dingklik ini dapat di temukan di kota kota misalnya di kedai kedai warung kopi baik di kota Tuban sendiri maupun di Kab. Bojonegoro yang mana hampir keseluruhan tempat nongkrong Kopian di Bojonegoro banyak menggunakan produk ini.

Produk dingklik ini sangat mempunyai nilai ekonomis yang tinggi disamping manfaatnya untuk bersantai bareng keluarga di rumah juga bisa. Ada banyak motif dingklik yang terbuat dari bahan banbu ini yang di produski oleh Masyarakat Pandanwangi ini dengan jaminan kwalitas dan nilai guna yang tinggi. Bila anda berniat untuk menghiasi Teras rumah anda dengan Produk kerajinan tangan ini sangatlah cocok untuk keluarga anda bersantai dirumah.

Bila anda berencana untuk Membeli maupun memesan produk kerajinan tangan Dingklik ini anda dapat langsung Datang ke Desa Pandanwangi Kec. Soko Kab. Tuban yang mana langsung bertatap muka dengan Para pengrajin Kerajinan tangan tersebut.

Data Kecamatan Soko pada tahun 2013, jumlah pengerajin sangkar dari Desa Pandanwangi tercatat 168 orang. Sementara pada 2014 menurun sekitar 20 persen menjadi 134 orang yang menggeluti usaha kerajinan sangkar burung.

Penyerapan tenaga kerja selama dari tahun 2013 dan 2014 terbilang cukup tinggi. Pada tahun 2013 tenaga kerja yang terserap pada pembuatan kerajinan sangkar burung mencapai 197 dan tahun 2014 menyerap 134 tenaga kerja.

Sangkar burung produksi warga Desa Pandan wangi tersebut sudah dipasarkan di beberapa daerah di sekitar Tuban. Produksi sangkar dalam satu minggu mencapai ratusan baik sangkar kasar atau belum diperhalus dan sangkar halusan.

Bila anda berencana untuk membeli sangkar burung dalam jumlah banyak maupun sedikit anda dapat langsung pergi ke Desa Pandanwangi Kec. Soko kab. Tuban dan langsung bertatap muka dengan peng

Junaidi administrator

Leave a Reply